HAKIKAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
A. Pembelajaran
Sebagai Proses Komunikasi
Pembelajaran adalah
kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan hal lain yang
positif dengan memanfaatkan media pembelajaran.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran siswa bertindak sebagai pembelajar
dan guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dalam belajar.
Pembelajaran adalah suatu proses komunikasi, maka dari itu media pembelajaran
sangat dibutuhkan dalam pembelajaran.
B. Kedudukan
Media Dalam Proses Pembelajaran
Sistem adalah komponen
yang saling berkait antara satu dengan yang lain. Pembelajaran dikatakan sistem
karena didalamnya terdapat komponen yang saing terkait untuk mencapai tujuan
tertentu.
C. Pengertian
Media
Media adalah segala
bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.
KLASIFIKASI
MEDIA
A. Pengelompokan
Media Pembelajaran
Salah
satu teknik yang digunakan adalah mengirim pesan.
B. Kelompok
Media
1. Media
Grafis
Adalah
media visual dengan menampilkan berbagai ide dan disampaikan melalui kata-kata,
simbol, angka, dll. Yang termasuk media visual adalah grafik, diagram, bagan,
sketsa, poster, papan flanel, bulletin board, dll.
2. Media
Cetak
Adalah media visual
yang pembuatannya melalui media cetak. Jenis-jenis media cetak adalah buku
teks, modul, dan bahan pengajaran terprogram.
3. Media
Diam
Adalah media dengan
bentuk gambar yang ditampilkan melalui proses fotografi.
a) Kelompok
ke dua (kelompok proyeksi diam)
Adalah media yang
memproyeksikan pesan, hasil proyeksinya tidak bergerak. Jenis medianya adalah
OHP, OP, Slide, dll.
b) Kelompok
ke tiga (media audio)
Media dengan cara
penyampaian pesan dan hanya dapat diterima oleh indra. Jenis-jenis media audio
adalah :
ü Media
radio : penyampaian pesan melalui gelombang elektromagnetik
ü Media
alat perekam pitamagnetik : penyampaian
media melalui rekaman
c) Kelompok
ke empat (media audio visual diam)
Media
yang dapat dilihat dan didengar oleh indra penglihat dan pendengar, namun
posisi tetap atau tidak bergerak.
d) Kelompok
ke lima (motion picture)
e) Kelompok
ke enam (televisi)
f) Kelompok
ke tujuh (multi media)
MENDESAIN
MEDIA PEMBELAJARAN
Media membantu memperjelas proses pembelajaran. Media
mengubah perilaku siswa dan meningkatkan prestasi siswa.
A. Sistematika
perencanaan media
Ø Hakikat
perencanaan media
Hakikat perencanaan
perlu disiapkan dalam bentuknaskah perencanaan media.
B. Penulisan
Naskah Media
Adalah
pedoman tertulis yang berisi informasi dalam bentuk visual, grafis, dan audio
sebagai acuan dalam pembuatan media.
TEKNIK
PEMILIHAN MEDIA
Media
pembelajaran dikelompokan menjadi media yang tersedia di pasaran dan media yang
dibuat sendiri.
A. Dasar
Pertimbangan Pemilihan Media
Ø Alasan
teoritis pemilihan media (penggunaan media meningkatkan kebermaknaan belajar).
Ø Alasan
praktis pemilihan media (menurut Arif Sadirman (1996:84) penyebab orang memilih
media adalah demonstrations, familiarity, clarity, active learning).
B. Kriteria
Pemilihan Media
Kriteria pemilihan
pertama terdapat 6 kriteria, kriteria khusus pemilihan media terdapat 6
kriteria (acces, cost, tecnology, interactivity, organisazion, novality)
C. Prosedur
Pemilihan Media Pembelajaran
a. Format
pemulihan media menurut Arif Sadirman (1996:87) à
format flowchart, format matrix, format cheklist.
b. Prosedur
pemilihan model assure à
analisis learner character, state objettives, select modify or design material,
utilize material, require leaner respons, evaluate.
c. Prosedur
pemilihan model andreson
TEKNIK PEMBUATAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembalajaran yang baik memiliki tingkat relevasi dengan
tujuan materi dan karakteristik siswa.
A. Pembuatan
Desain Grafis
Ø Flipcard
à lembaran kertas
menyerupai kalender, ukurannya kecil. Flipcard berbentuk simple dan praktis
Ø Flashcard
à media
pembelajaran dalam bentuk kartun bergambar. Flipcard ini juga simple dan
menyenangkan.
Ø Flanelgraf
à media
pembelajaran berbentuk guntingan gambar. Gambar-gambar yang tertempel dapat
dipindah-pindah.
Ø Bulletinbord
à papan khusus
mempertunjukan kreasi siswa
B. Pembuatan
Media Presentasi
Ø Dasar
presentasi dengan power point 2003
Ø Prosedur
pengembangan
Ø Pengenalan
elemen pokok
Ø Membuat
dokumen baru
Ø Mengatur
slide master
Ø Mengatur
transisi
Ø Mengaturhiperlink
Ø Menjalankan
power point
Ø
Tips desain presentasi powerpoint
TEKNIK
MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Teknik
Penggunaan Media Pembelajaran
Ø Menggunakan
Media Berdasar Tempat à
dikelas , diluar kelas
B. Variasi
Penggunaan Media
Ø Media
dapat digunakan perorangan, kelompok, dan massal.
C. Penggunaan
Media Grafis
Ø Bagan
Ø Grafik
Ø Komik
Ø Poster
Ø Media
foto
D. Penggunaan
Media Elektronik
Ø OHP
Ø Media
Audio
EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Media Pembelajaran
Ø Memilih
media pendidikan yang akan digunakan kelas
Ø Melihat
prosedur penggunaan alat
Ø Menilai
kemampuan guru mrnggunakan alata
Ø Memberi
informasi untuk keperluan administrasi
Ø Memperbaiki
alat itu sendiri
B. Jenis
Media Pembelajaran
Ø Evaluasi
bahan bacaan
Ø Evaluasi
media gambar diam
Ø Evaluasi
media grafis
Ø Evaluasi
media yang diproyeksi
Ø Evaluasi
media audio
Ø Evaluasi
media audio visual
Ø Evaluasi
media computer
C. Tahap-Tahap
Evaluasi Pembelajaran
Ø Evaluasi
satu lawan satu
Ø Evaluasi
kelompok kecil
Ø Evaluasi
lapangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar