Selasa, 09 September 2014

Ringkasan



HAKIKAT  MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
A.    Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi
Pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan hal lain yang positif dengan memanfaatkan media pembelajaran.  Dalam kaitannya dengan pembelajaran siswa bertindak sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dalam belajar. Pembelajaran adalah suatu proses komunikasi, maka dari itu media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pembelajaran.

B.     Kedudukan Media Dalam Proses Pembelajaran
Sistem adalah komponen yang saling berkait antara satu dengan yang lain. Pembelajaran dikatakan sistem karena didalamnya terdapat komponen yang saing terkait untuk mencapai tujuan tertentu.

C.     Pengertian Media
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.


KLASIFIKASI MEDIA

A.    Pengelompokan Media Pembelajaran
Salah satu teknik yang digunakan adalah mengirim pesan.
B.     Kelompok Media
1.      Media Grafis
Adalah media visual dengan menampilkan berbagai ide dan disampaikan melalui kata-kata, simbol, angka, dll. Yang termasuk media visual adalah grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan flanel, bulletin board, dll.


2.      Media Cetak
Adalah media visual yang pembuatannya melalui media cetak. Jenis-jenis media cetak adalah buku teks, modul, dan bahan pengajaran terprogram.

3.      Media Diam
Adalah media dengan bentuk gambar yang ditampilkan melalui proses fotografi.

a)      Kelompok ke dua (kelompok proyeksi diam)
Adalah media yang memproyeksikan pesan, hasil proyeksinya tidak bergerak. Jenis medianya adalah OHP, OP, Slide, dll.

b)      Kelompok ke tiga (media audio)
Media dengan cara penyampaian pesan dan hanya dapat diterima oleh indra. Jenis-jenis media audio adalah :
ü  Media radio : penyampaian pesan melalui gelombang elektromagnetik
ü  Media alat perekam pitamagnetik :  penyampaian media melalui rekaman

c)      Kelompok ke empat (media audio visual diam)
Media yang dapat dilihat dan didengar oleh indra penglihat dan pendengar, namun posisi tetap atau tidak bergerak.
d)     Kelompok ke lima (motion picture)
e)      Kelompok ke enam (televisi)
f)       Kelompok ke tujuh (multi media)

MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN

                  Media membantu memperjelas proses pembelajaran. Media mengubah perilaku siswa dan meningkatkan prestasi siswa.
A.    Sistematika perencanaan media
Ø  Hakikat perencanaan media
Hakikat perencanaan perlu disiapkan dalam bentuknaskah perencanaan media.

B.     Penulisan Naskah Media
Adalah pedoman tertulis yang berisi informasi dalam bentuk visual, grafis, dan audio sebagai acuan dalam pembuatan media.

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA

Media pembelajaran dikelompokan menjadi media yang tersedia di pasaran dan media yang dibuat sendiri.
A.    Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
Ø  Alasan teoritis pemilihan media (penggunaan media meningkatkan kebermaknaan belajar).
Ø  Alasan praktis pemilihan media (menurut Arif Sadirman (1996:84) penyebab orang memilih media adalah demonstrations, familiarity, clarity, active learning).
B.     Kriteria Pemilihan Media
Kriteria pemilihan pertama terdapat 6 kriteria, kriteria khusus pemilihan media terdapat 6 kriteria (acces, cost, tecnology, interactivity, organisazion, novality)
C.     Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran
a.       Format pemulihan media menurut Arif Sadirman (1996:87) à format flowchart, format matrix, format cheklist.
b.      Prosedur pemilihan model assure à analisis learner character, state objettives, select modify or design material, utilize material, require leaner respons, evaluate.
c.       Prosedur pemilihan model andreson






TEKNIK PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
      Media pembalajaran yang baik memiliki tingkat relevasi dengan tujuan  materi dan karakteristik siswa.
A.    Pembuatan Desain Grafis
Ø  Flipcard à lembaran kertas menyerupai kalender, ukurannya kecil. Flipcard berbentuk simple dan praktis
Ø  Flashcard à media pembelajaran dalam bentuk kartun bergambar. Flipcard ini juga simple dan menyenangkan.
Ø  Flanelgraf à media pembelajaran berbentuk guntingan gambar. Gambar-gambar yang tertempel dapat dipindah-pindah.
Ø  Bulletinbord à papan khusus mempertunjukan kreasi siswa
B.     Pembuatan Media Presentasi
Ø  Dasar presentasi dengan power point 2003
Ø  Prosedur pengembangan
Ø  Pengenalan elemen pokok
Ø  Membuat dokumen baru
Ø  Mengatur slide master
Ø  Mengatur transisi
Ø  Mengaturhiperlink
Ø  Menjalankan power point
Ø  Tips desain presentasi powerpoint


TEKNIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

A.    Teknik Penggunaan Media Pembelajaran
Ø  Menggunakan Media Berdasar Tempat à dikelas , diluar kelas

B.     Variasi Penggunaan Media
Ø  Media dapat digunakan perorangan, kelompok, dan massal.

C.     Penggunaan Media Grafis
Ø  Bagan
Ø  Grafik
Ø  Komik
Ø  Poster
Ø  Media foto

D.    Penggunaan Media Elektronik
Ø  OHP
Ø  Media Audio


EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN

A.    Tujuan Media Pembelajaran
Ø  Memilih media pendidikan yang akan digunakan kelas
Ø  Melihat prosedur penggunaan alat
Ø  Menilai kemampuan guru mrnggunakan alata
Ø  Memberi informasi untuk keperluan administrasi
Ø  Memperbaiki alat itu sendiri

B.     Jenis Media Pembelajaran
Ø  Evaluasi bahan bacaan
Ø  Evaluasi media gambar diam
Ø  Evaluasi media grafis
Ø  Evaluasi media yang diproyeksi
Ø  Evaluasi media audio
Ø  Evaluasi media audio visual
Ø  Evaluasi media computer

C.     Tahap-Tahap Evaluasi Pembelajaran
Ø  Evaluasi satu lawan satu
Ø  Evaluasi kelompok kecil
Ø  Evaluasi lapangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar