RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SDN Minggiran
Kelas/Semester :
V / 1
Tema
: Benda-Beda di
Lingkungan Sekitar
Sub
Tema : Perubahan Wujud
Benda
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu :
7 jp x 35
menit
A. Kompetensi
Inti (KI) :
KI.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
KI.3 Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
A.
KOMPETENSI DASAR &
INDIKATOR
No.
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
1
|
|
PJOK
|
|
|
|
|
3
|
3.8
|
Memahami
konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas
air.*
|
3.8.1
|
Mengenal
renang gaya bebas
|
|
4
|
4.8
|
Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
|
4.8.1
|
Melakukan
gerak kaki renang bebas
Memperagakan
gerak ayunan/ tarikan
lengan
renang gaya bebas
|
|
2
|
2.2
|
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam
secara mandiri maupun berkelompok
|
|
|
|
1
|
1.1
|
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
|
2
|
|
IPA
|
|
|
|
|
3
|
3.4
|
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya
alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
|
3.4.1
|
Mengenal
kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
|
|
4
|
4.7
|
Menyajikan
hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam
akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika
permasalahan tersebut tidak diatasi.
|
4.1.1
4.1.2
|
Menjelaskan
faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda
Menyajikan
hasil laporan pengamatan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan
wujud benda
|
|
2
|
2.4
|
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah
air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan
berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
|
|
|
1
|
1.2
|
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan
proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
|
|
|
3
|
|
BHS. INDONESIA
|
|
|
|
|
3
|
3.1
|
Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
|
Mengenal
perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia
|
|
4
|
4.1
|
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata bakuterhadap bencana alam dan keseimbangan
ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
|
4.1.1
|
Menggali
informasi dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan
manusia
Menuliskan bukti pengaruh kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya
|
|
2
|
2.2
|
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
|
|
|
|
1
|
1.2
|
Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
3.4
|
SBdP
Memahami
prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas
daerah
|
3.4.1
|
Mengenal
berbagai karakter topeng
|
|
|
4.4
|
Membuat
topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
|
4.4.1
|
Mencari
berbagai gambar topeng dari berbagai daerah di Indonesia untuk kemudian
menganalisanya mengenai karakter, bahan, dan teknik pembuatannya
|
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
membaca dan mengamati sebuah gambar kegiatan siswa dapat mengindentifikasi
perubahan lingkungan di sekitarnya secara cermat dan teliti.
2. Dengan
mempraktikkan beberapa gerakan siswa mampu melakukan renang gaya bebas dengan
benar dengan benar dan sportif.
3. Dengan
kerja kelompok siswa mampu mencari contoh – contoh pengembunan dalam kehidupan
sehari - hari secara demokrasi dan penuh sikap kerjasama
4. Dengan
melakukan percobaan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud
benda siswa dapat mengamati perubahan yang terjadi dan mencari faktor
penyebabnya secara logis dan tepat.
5. Dengan
membaca dan mengamati teks bacaan siswa dapat mencari informasi atau hal – hal
penting dari bacaan tentang proses pengembunan secara mandiri cermat, dan
teliti.
6. Dengan
mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan kosakata baku dan tidak baku serta
menggunakannya dalam kalimat.
7. Dengan
melakukan studi pustaka siswa dapat mencari informasi tentang wabah ulat bulu
secara mandiri dan sikap rasa ingin tahu.
8. Dengan
melakukan eksplorasi siswa mengetahui jenis – jenis karakter topeng, asal
daerah, jenis bahan, serta teknik pembuatannya dengan kreatif, inovatif, dan
mandiri.
C.
Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok)
1.
PJOK : Renang gaya bebas
2.
IPA : Perubahan Wujud Benda (pengembunan)
3.
B.Indonsia : Perubahan Alam
4.
SBdP : Karakter topeng
D. Metode
Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
ceramah, diskusi dan tanya jawab
E.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
Media : gambar bermacam-macam lingkungan
Alat/Bahan : lilin, bensin, es batu, gelas, kertas bekas, pelampung
Sumber Belajar
:
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 4 “ Sehat Itu Penting “.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru
memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan “Di Dalam Tubuh Yang
Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat”
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta untuk membaca teks bacaan
tentang “Perubahan Alam” dan mengamati sebuah gambar kegiatan renang yang
dilakukan di alam.
2.
Siswa diminta untuk mengamati lingkungan di
sekitarnya dan menjawab beberapa pertanyaan seputarkegiatan tersebut.
3.
Guru dan siswa membahas teks bacaan yang
berkaitan dengan aktivitas di air.
4.
Guru menjelaskan gerakan - gerakan dasar
pada aktivitas air.
5.
Siswa diminta mengamati gambar akivitas
pengenalan air dan gerakan - gerakan renang tersebut dan meminta siswa untuk
menjawab pertanyaan seputar gerakan renang gaya bebas. (Kegiatan Mengamati)
6.
Siswa diminta untuk mempraktikkan gerakan -
gerakan renang tersebut dan meminta teman, guru, orang tua atau kakak untuk
mengawasi tingkat penguasaan gerakan dan mengisi tabel tingkat penguasaan
gerakan.
7.
Siswa diminta untuk mengamati teks
percakapan dan gambar embun yang terdapat pada tumbuhan
8.
Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan
menanyakan dari mana asal embun? Mengapa muncul hanya dipagi hari?
9.
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
10.
Siswa secara berkelompok mencari contoh –
contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan
11.
Gru meminta siswa untuk menuangkan hasil
pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan,
faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya.
12.
Guru meminta siswa untuk melakukan
aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
13.
Siswa mengamati setiap kejadian dalam
percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian
tersebut dengan teliti. (Kegiatan Mengamati)
14.
Siswa membuat laporan percobaan tersebut
dan presentasikan di hadapan teman dan guru.
15.
Siswa menemukan kosakata baku dan tidak
baku pada bacaan tersebut lalu menuliskannya pada tabel kosakata baku dan
tidak baku, lalu mencari artinya.
16.
Siswa membaca teks bacaan tentang
mewabahnya hama ulat bulu.
17.
Siswa mencari informasi dan data mengenai
mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan.
18.
Guru membahas lebih dalam tentang topeng
lebih dalam termasuk mengenai karakter dan cara pembuatannya.
19.
Siswa diminta untuk mengamati karakter
beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing
– masing topeng tersebut.
|
170 menit
|
Kegiatan Penutup
|
5. Siswa membuat kesimpulan tentang tehnik
renang gaya bebas
6. Siswa membuat kesimpulan tentang peristiwa
pengembunan
7. Siswa
membuat kesimpulan tentang berbagai macam karakter topeng
8. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
hari ini
9. Guru
memberikan sedikit gambaran tentang tema selanjutnya
10. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
a.
Teknik penilaian :
i. Penilaian Sikap : Rasa
ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
ii. Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis.
iii. Penilaian Ketrampilan : Unjuk kerja.
b. Bentuk Instrumen Penilaian :
i.
Penilaian Sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Percaya Diri
|
Peduli terhadap Lingkungan
|
||||||||
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ii.
Penilaian Pengetahuan.
Beberapa pertanyaan terkait dengan
perubahan wujud benda terutama pengembunan
iii.
Penilaian Ketrampilan :
Rubrik Tugas Mengamati Gambar dan Teks Bacaan
Kompetensi yang dinilai :
· Pemahaman peserts didik tentang objek/gambar yang
diamatidikaitkan dengan topik Kenampakan alam Indonesia.
· Keterampilan peserta didik dalam enuliskan hasil
pengamatan secara rinci
· Sikp kecermatan didalammelakukan pengamatan.
|
||||
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan
|
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil
pengamatan mudah dibaca dan dipahami,,dilengkapi dengan gambar.
|
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil
pengamatan mudah dibaca dan dipahami.
|
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil
pengamatan mudah dibaca dan sebagian besar mudah dipahami.
|
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil
pengamatan mudah dibaca dan dipahami, hanya ada bebarapa yang bisa dipahami
|
Sikap
|
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan
gambar, serta melakukannya dengan serius.
|
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan
gambar.
|
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan
gambar, melakukannya masih wajar
|
Belum begitu teliti dan detail dalam mengamati
teks dan gambar, perlu keseriusan dan bimbingan untuk mengamati
|
Ketrampilan mengomunikasikan hasil
|
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata sangat
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
|
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
|
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata cukup
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
|
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata ada
beberapa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
|
Instrumen Penilaian Ketrampilan :
No
|
Nama Siswa
|
Isi dan Pengetahuan
|
Sikap
|
Ketrampilan mengomunikasikan hasil
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
|||||||||||
Isi dan Pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa
|
Keterampilan Penulisan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Yogyakarta, 2014
Kepala Sekolah Guru
Kelas
H.Suhardi, S.Pd. Arvandri
Dias Prawesthi,S.Pd
NBM. 591273 NBM. 1100030
Lampiran
materi :
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar