Senin, 15 September 2014

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah          : SDN Minggiran
Kelas/Semester          : V / 1
Tema                          : Benda-Beda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                  : Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran             : 2
Alokasi Waktu         : 7 jp x 35 menit

A. Kompetensi Inti (KI) :

KI.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia







A.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
No.
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1

PJOK



3
3.8

Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*

3.8.1
Mengenal renang gaya bebas

4
4.8
 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.

4.8.1
Melakukan gerak kaki renang bebas

Memperagakan gerak ayunan/ tarikan
lengan renang gaya bebas

2
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok



1
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya


2

IPA



3
3.4
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar

3.4.1



Mengenal kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda

4
4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

4.1.1



4.1.2
Menjelaskan faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda

Menyajikan hasil laporan pengamatan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda

2
2.4
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia



1
1.2
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam


3

BHS. INDONESIA



3
3.1
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

3.1.1
Mengenal perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia

4
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata bakuterhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

4.1.1
Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia

Menuliskan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

2
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif



1
1.2
Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya







3.4

SBdP

Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah



3.4.1


Mengenal berbagai karakter topeng



4.4



Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan


4.4.1


Mencari berbagai gambar topeng dari berbagai daerah di Indonesia untuk kemudian menganalisanya mengenai karakter, bahan, dan teknik pembuatannya
                 
B.       Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan membaca dan mengamati sebuah gambar kegiatan siswa dapat mengindentifikasi perubahan lingkungan di sekitarnya secara cermat dan teliti.
2.    Dengan mempraktikkan beberapa gerakan siswa mampu melakukan renang gaya bebas dengan benar dengan benar dan sportif.
3.    Dengan kerja kelompok siswa mampu mencari contoh – contoh pengembunan dalam kehidupan sehari - hari secara demokrasi dan penuh sikap kerjasama
4.    Dengan melakukan percobaan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda siswa dapat mengamati perubahan yang terjadi dan mencari faktor penyebabnya secara logis dan tepat.
5.    Dengan membaca dan mengamati teks bacaan siswa dapat mencari informasi atau hal – hal penting dari bacaan tentang proses pengembunan secara mandiri cermat, dan teliti.
6.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan kosakata baku dan tidak baku serta menggunakannya dalam kalimat.
7.    Dengan melakukan studi pustaka siswa dapat mencari informasi tentang wabah ulat bulu secara mandiri dan sikap rasa ingin tahu.
8.    Dengan melakukan eksplorasi siswa mengetahui jenis – jenis karakter topeng, asal daerah, jenis bahan, serta teknik pembuatannya dengan kreatif, inovatif, dan mandiri.

C.                   Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.      PJOK                          :  Renang gaya bebas
2.      IPA                             :  Perubahan Wujud Benda (pengembunan)
3.      B.Indonsia                  :  Perubahan Alam
4.      SBdP                           :  Karakter topeng
                       
D.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.   Pendekatan     : Saintifik 
2.   Metode            : ceramah, diskusi dan tanya jawab

E.                    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                   :   gambar bermacam-macam lingkungan
Alat/Bahan           :   lilin, bensin, es batu, gelas, kertas bekas, pelampung
Sumber Belajar    :   Maryanto, dkk. 2014. Buku  Siswa Kelas V Tema 4 “ Sehat Itu Penting “. Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



F.                    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.     Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat”
3.     Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
 10 menit
Kegiatan Inti

1.      Siswa diminta untuk membaca teks bacaan tentang “Perubahan Alam” dan mengamati sebuah gambar kegiatan renang yang dilakukan di alam.
2.      Siswa diminta untuk mengamati lingkungan di sekitarnya dan menjawab beberapa pertanyaan seputarkegiatan tersebut.
3.      Guru dan siswa membahas teks bacaan yang berkaitan dengan aktivitas di air.
4.      Guru menjelaskan gerakan - gerakan dasar pada aktivitas air.
5.      Siswa diminta mengamati gambar akivitas pengenalan air dan gerakan - gerakan renang tersebut dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar gerakan renang gaya bebas. (Kegiatan Mengamati)
6.      Siswa diminta untuk mempraktikkan gerakan - gerakan renang tersebut dan meminta teman, guru, orang tua atau kakak untuk mengawasi tingkat penguasaan gerakan dan mengisi tabel tingkat penguasaan gerakan.
7.      Siswa diminta untuk mengamati teks percakapan dan gambar embun yang terdapat pada tumbuhan
8.      Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan menanyakan dari mana asal embun? Mengapa muncul hanya dipagi hari?
9.      Siswa dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
10.  Siswa secara berkelompok mencari contoh – contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan
11.  Gru meminta siswa untuk menuangkan hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya.
12.  Guru meminta siswa untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
13.  Siswa mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Kegiatan Mengamati)
14.  Siswa membuat laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan guru.
15.  Siswa menemukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan tersebut lalu menuliskannya pada tabel kosakata baku dan tidak baku, lalu mencari artinya.
16.  Siswa membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu.
17.  Siswa mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan.
18.  Guru membahas lebih dalam tentang topeng lebih dalam termasuk mengenai karakter dan cara pembuatannya.
19.  Siswa diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing – masing topeng tersebut.
170 menit
Kegiatan Penutup
5.      Siswa membuat kesimpulan tentang tehnik renang gaya bebas
6.      Siswa membuat kesimpulan tentang peristiwa pengembunan
7.      Siswa membuat kesimpulan tentang berbagai macam karakter topeng
8.      Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
9.      Guru memberikan sedikit gambaran tentang tema selanjutnya
10.  Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
15 menit

H.   PENILAIAN
a.    Teknik penilaian :
                                       i.      Penilaian Sikap  :  Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
                                     ii.     Penilaian Pengetahuan  : Tes tertulis.
                                   iii.     Penilaian Ketrampilan  : Unjuk kerja.
b.   Bentuk Instrumen Penilaian :
                                       i.             Penilaian Sikap.





No
Nama Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
Peduli terhadap Lingkungan
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10











                                     ii.          Penilaian Pengetahuan.
Beberapa pertanyaan terkait dengan perubahan wujud benda terutama pengembunan

                        iii.      Penilaian Ketrampilan :

Rubrik Tugas Mengamati Gambar dan Teks Bacaan
Kompetensi yang dinilai :
·      Pemahaman peserts didik tentang objek/gambar yang diamatidikaitkan dengan topik Kenampakan alam Indonesia.
·      Keterampilan peserta didik dalam enuliskan hasil pengamatan secara rinci
·      Sikp kecermatan didalammelakukan pengamatan.
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil pengamatan mudah dibaca dan dipahami,,dilengkapi dengan gambar.
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil pengamatan mudah dibaca dan dipahami.
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil pengamatan mudah dibaca dan sebagian besar mudah dipahami.
Hasil pengamatan dituliskan lengkap,hasil pengamatan mudah dibaca dan dipahami, hanya ada bebarapa yang bisa dipahami
Sikap
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan gambar, serta melakukannya dengan serius.
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan gambar.
Teliti dan detail dalam mengamati teks dan gambar, melakukannya masih wajar
Belum begitu teliti dan detail dalam mengamati teks dan gambar, perlu keseriusan dan bimbingan untuk mengamati
Ketrampilan mengomunikasikan hasil
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata sangat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata cukup sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
Penjelasan mudah dipahami, pemilihan kata ada beberapa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.

Instrumen Penilaian Ketrampilan :
No
Nama Siswa
Isi dan Pengetahuan
Sikap
Ketrampilan mengomunikasikan hasil
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10




























Lembar Pengamatan :
No.
Nama Siswa
Sikap
Skor
Isi dan Pengetahuan
Penggunaan Bahasa
Keterampilan Penulisan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.















Mengetahui                                                           Yogyakarta,                          2014
Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas


H.Suhardi, S.Pd.                                                   Arvandri Dias Prawesthi,S.Pd
NBM. 591273                                                       NBM. 1100030













Lampiran materi :




                                   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar