Senin, 22 September 2014

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas V SD N MINGGIRAN
Yogyakarta


Disusun oleh:

Eviana Yunitasari           (1300005276)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
2014/2015




                                                       
                                                        RPP
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)


SatuanPendidikan     :Sekolah Dasar
Kelas / Semester         : 1I / 1
Tema                          : Benda-Bneda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                   : Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke       : 1 (satu)
Alokasi waktu            : 1 x 45 Menit
 

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
1.      Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, ser ta melakukan perkailan dan pembagian
2.      Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
3.      Menerima ajaran agama yang dianutnya.
4.      Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
5.      Menerima ajaran Tuhan yang dianutnya


C.    INDIKATOR
1.      Mengurutkan pecahan biasa, campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya.
2.      Menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen.
3.      Menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen.
4.      Mengurutkan pecahan biasa, campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya.
5.      Menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen.
6.      Menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen.


D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

E.     MATERI
1.      Soal pecahan biasa dan campuran
F.     PENDEKATAN & METODE
1.              Pendekatan           : Saintifik
2.              Strategi                  : Cooperative Learning
3.              Teknik                   : Example Non Example
4.              Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusiKelompok dan Ceramah.


G.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PELAJARAN
1.      Media                         : Kelereng
2.      Alat                            : -
3.      Sumber Belajar           : Buku Siswa




H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.        Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3.        Guru melakukan presensi.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini

10  menit
Kegiatan Inti
· MENGAMATI
1.Siswa memahami konsep mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
2. Siswa bisa mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa
3.Kemandirian dalam mengerjakan tugas.      
25 menit
Kegiatan Penutup
1.        Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
  2.  Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan
        menutup pelajaran.
  3.  Guru menyampaikan materi pelajaran untuk besuk pagi 
10 menit



I.       PENILAIAN

Teknik penilaian
1.         Teknik penilaian :
a. Penilaian Sikap  :  Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
b. Penilaian Pengetahuan  : Tes tertulis.
c. Penilaian Ketrampilan  : Unjuk kerja.
a.        Bentuk Instrumen Penilaian :
      i.        Penilaian Sikap.
                   NO
NAMA
RASA INGIN TAHU
PERCAYA DIRI
BERTANGGUNG JAWAB












Mengetahui

Kepala Sekolah


…………………………………...
NIP.



Guru Kelas


…………………………………….
NIP.



















LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN NON TES:
Penilaian Kinerja
1.      Daftar periksa untuk penilaian sikap

No.
NamaPesertaDidik
Nilai (BT/MT/MB/MD)
Percaya Diri
Teliti
Sopan
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21






Keterangan Nilai :
BT       : Belum Terlihat
MT      : Mulai Terlihat
MB      : Mulai Berkembang
MD      : Membudaya





Keterangan Nilai :
A            : Sangat Baik
B             : Baik
C             :Cukup Baik
D             :Perlu Berlatih Lagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar